https://bit.ly/35b6ylF

8 Film Adaptasi Karya Sastra yang Gak Kalah Bagus dari Novelnya

8 Film Adaptasi Karya Sastra yang Gak Kalah Bagus dari Novelnya
Karya sastra terbukti tak lekang oleh waktu. Meski ditulis puluhan hingga ratusan tahun lalu, ia masih diminati hingga sekarang. Cerita yang disuguhkan karya sastra selalu kompleks dan mewakili keberanian penulisnya mendobrak hal-hal tabu yang yang berlaku di masyarakat pada masa ia ditulis. Sastra juga bisa menjadi media belajar sejarah serta pemikiran-pemikiran masyarakat kuno. Bagi kamu yang kurang suka membaca, delapan film berikut bisa jadi alternatif menikmati sastra dengan cara yang menyenangkan.  BERITA UNIK

Siap berpetualang kembali ke masa lalu?  INFO SPECIAL

1. The Man in the Iron Mask (1998) TIPS KESEHARIAN



Adaptasi : Alexandre Dumas - Man in the Iron Mask (1847)

Athos (John Malkovich) adalah seorang mantan prajurit yang bersumpah akan membalas dendam pada raja yang lalim Louis XIV (Leonardo DiCaprio), atas kematian putranya. Athos mengundang rekannya dulu Porthos (Gérard Depardieu) dan Aramis (Jeremy Irons) untuk merencanakan pembebasan terhadap tawanan yang kabarnya adalah saudara kembar raja. Pada masa itu, kelahiran bayi kembar adalah pertanda sial sehingga salah satunya harus dibunuh.

Athos yang meyakini tawanan itu benar kembaran Louis XIV ingin membawanya naik takhta. Namun perjuangan tiga prajurit itu tak mudah karena mereka harus menghadapi teman lama mereka sendiri D'Artagnan (Gabriel Byrne), yang menjadi pengabdi setia sang raja.

2. Troy (2004)



Adaptasi : Homer - Illiad (sekitar 500 tahun SM)

Terinspirasi naskah syair Yunani kuno berjudul "Illiad" yang ditulis oleh penyair buta bernama Homer.

Perang besar antara kerajaan Spratan dan Troy ditengarai oleh kelakuan buruk pangeran Troy, Paris (Orlando Bloom) yang jatuh cinta pada istri raja Spartan, Helen (Diane Kruger) dan berani membawa kabur sang ratu ke Troy. Raja Spartan, Menelaus (Brendan Gleeson) yang tak terima istrinya dibawa pergi mengumumkan perang dibantu adiknya Raja Agamemnon (Brian Cox) yang memanfaatkan kemarahan saudaranya untuk  merebut Troy, satu-satunya kerajaan di Laut Aegean yang belum bisa ia kuasai.

3. The Painted Veil (2006)

http://danaqq.net/?ref=Ciaciaa


Adaptasi :  William Somerset Maugham - The Painted Veil (1925)

Seorang ahli bakteri Walter Fane (Edward Norton) menawari istrinya Kitty (Naomi Watts) dua pilihan setelah ketahuan berselingkuh: diceraikan lalu dipulangkan pada keluarganya secara tak hormat; atau mengikutinya ke Meitanfu, daerah terpencil di China yang tengah terjangkit wabah kolera yang mematikan. Kitty tentu takut membayangkan tekanan masyarakat yang akan ia dan keluarganya terima jika menjadi bahan olok-olokan kalangan kelas menengah atas andai skandalnya terungkap.

Ia pun memilih tetap bersama Walter dan ikut pria itu ke China, meski itu berarti menantang maut. Apakah Walter ingin menghukum Kitty dengan membawanya ke wilayah epidemik mematikan, ataukah pria itu memiliki maksud lain?

4. The Picture of Dorian Gray (2009)



Adaptasi : Oscar Wilde - The Picture of Dorian Gray (1890)

Dorian Gray diperankan oleh Ben Barnes yang juga memerankan Pangeran Kaspia di seri film The Chronicles of Narnia. 

Mengisahkan Dorian Gray, bangsawan muda tampan nan hedonistik yang sosoknya tertangkap di lukisan yang mempesona. Dorian sempat berkelana jauh selama puluhan tahun dan sewaktu kembali ke lingkungan tempat tinggalnya dulu, orang-orang terperangah melihatnya tak berubah. Dorian tidak bisa menua. Sementara fisiknya semakin menawan, potret dirinya di lukisan justru ternoda oleh setiap dosa yang ia lakukan semasa muda. 

5. Anne Karenina (2012)



Adaptasi : Leo Tolstoy - Anne Karenina (diterbitkan secara seri pada 1873-1877)

Anna (Keira Knightley), istri seorang menteri kekaisaran Rusia, Alexei Alexandrovich Karenin (Jude Law), menciptakan skandal besar di kalangan kelas atas karena berselingkuh dengan perwira kavaleri tampan Count Vronsky (Aaron Taylor-Johnson). Alexei menawari pilihan sulit pada istrinya: diasingkan bersama Vronsky tanpa boleh menemui putranya lagi seumur hidup, atau bertahan di keluarga kecilnya dengan meninggalkan Vronsky dan tetap terhormat di mata masyarakat.

6. Les Misérables (2012)



Adaptasi : Victor Hugo - Les Misérables (1862)

Dikemas dengan gaya musikal, Les Misérables bertabur aktor-aktor ternama. 

Sesuai judulnya, cerita Les Misérables ini memang miserable banget. Jean Valjean (Hugh Jackman) akhirnya dibebaskan setelah 19 tahun dipenjara oleh Javert (Russell Crowe), perwira yang bertanggungjawab atas dirinya di tempat kerja paksa para tahanan. Valjean dibebaskan secara bersyarat tapi kemudian menggunakan uang dari perak curian agar ia kembali menjadi walikota dan memiliki pabrik.

Javert bersumpah akan memasukkan Valjean kembali ke penjara. Delapan tahun kemudian, Valjean menjadi penjaga seorang anak bernama Cosette (Amanda Seyfried) setelah ibunya (Anne Hathaway) meninggal. Valjean tahu hidupnya tak akan bisa menemukan kedamaian selama Javert masih terus mencoba menangkapnya.

7. Great Expectations (2012)



Adaptasi : Charles Dickens - Great Expectations (1861)   

Pip (Jeremy Irvine), anak yatim yang rendah hati mendapat kesempatan merubah hidupnya setelah disumbang seorang dermawan. Memasuki pergaulan kelas atas London sebagai seorang gentleman, Pip menggunakan posisi barunya untuk mendapatkan Estella (Holliday Grainger), perempuan yang ia cintai sejak kecil. Namun kebenaran mengejutkan dibalik keberuntungannya selama ini membuatnya harus membayar mahal untuk semua yang ia sayangi.

8. And Then There Were None (2015)

http://danaqq.net/?ref=Ciaciaa


Adaptasi : Agatha Christie - And Then There Were None (1939)

Film ini merupakan adaptasi drama novel Agatha Christie yang terjual paling banyak di dunia mengalahkan Harry Potter karya J.K. Rowling.

Cerita detektif tanpa detektif; semua berawal dari 10 orang tak saling kenal yang mendapat undangan untuk mengunjungi mansion terpencil di pesisir pantai Devon, Inggris. Diantara mereka terdapat pengusaha yang selalu khawatir, dokter pemarah, governess yang menyimpan rahasia dan seorang playboy tak bertanggungjawab. Terputus hubungan dari dunia luar, mereka semua sampai di tujuan dan menemukan misteri gelap telah menanti. Satu per satu diantara mereka mati secara misterius, kelompok itu pun menyadari si pembunuh pasti ada di antara mereka.

Nah, kamu sudah nonton semuanya belum nih?

Tidak ada komentar